Skor Kredit Baik Bukan Berarti Finansial Sehat. Loh, Kenapa?

Skor Kredit Baik Bukan Berarti Finansial Sehat. Kenapa_

Skor kredit yang baik merupakan salah satu indikator untuk mempermudah pengajuan pinjaman. Menjaganya tetap baik membuat anda lebih mudah apply pinjaman tanpa kendala.
Nah, sayangnya, kebanyakan dari anda pasti merasa terbuai dengan status kredit yang oke. Tunggu dulu, wait! Skor kredit baik nggak selamanya mencerminkan bahwa finansial anda sehat, loh.

  1. Tiada Simpanan Sepeserpun
    Tagihan yang dibayar tepat waktu akan membuat skor kredit baik. Namun, pastikah anda memiliki simpanan atau tabungan? Wah, jangan-jangan uang anda hanya habis untuk membayar tagihan saja, nih.
  2. Tiada Dana Darurat
    Antara simpanan dan dana darurat ini sangat berbeda. Itulah kenapa saya menulisnya menjadi 2 poin yang berbeda. Dana darurat adalah dana yang disiapkan ketika kondisi genting saja. Sementara itu, simpanan adalah dana yang sudah terukur. Contoh simpanan sendiri adalah tabungan kelahiran anak, tabungan pendidikan anak, dan semacamnya.

    Anda memang sudah membayar kredit secara tepat waktu. Tapi, apakah dana darurat juga sudah anda siapkan? Dana darurat ini penting sekali, loh.

  3. Dana Pensiun
    Bukan PNS dan takut nggak punya dana pensiun? Tenang, anda yang bukan pegawai negeri sipil sebenarnya masih bisa kok mempersiapkan dana pensiun sendiri.
    Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Bisa dengan membeli emas atau lembar saham. Di masa tua nanti, investasi ini bisa anda tarik.
  4. Dana Tagihan Bulanan Tidak Terbayarkan
    Skor kredit baik, tapi finansial buruk karena anda nggak bisa memenuhi tagihan bulanan. Padahal, salah satu indikator kondisi finansial yang baik adalah dengan rutin dan sehatnya kita membayar tagihan bulanan.
  5. Tagihan Tak Dibayar Secara Penuh
    Well, anda merasa sudah membayar tagihan secara rutin, tapi mengapa utang masih tak kunjung lunas? Bisa jadi anda membayarnya dengan opsi minimum payment. Tentu ini bikin kondisi finansial anda buruk. Lagi pula, tagihan kartu kredit akan tetap terakumulasi di bulan berikutnya karena bunga yang lebih besar. Pastikan untuk menghindari opsi minimum payment bila ingin tagihan anda kelar dan finansial membaik.
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *