Ini Tahapan Cek BI Checking Melalui SLIK OJK

Ini Tahapan Cek BI Checking Melalui SLIK OJK

Penasaran nggak dengan status BI Checkingmu saat ini? Check dulu, lah. Anda wajib tahu reputasi anda di mata perbankan. Well, saat ini pakenya SLIK, ya. Yup, cek BI Checking online sudah diubah melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan Online (SLIK) per-Januari 2018. Terus gimana cara ngeceknya? Simak tutorialnya berikut ini

  1. Siapkan dokumen pendukung untuk check BI Checking Online
    Sebelumnya, tentu diperlukan dokumen pendukung untuk check status bi checking. Isi dokumen tersebut adalah FC KTP, FC Paspor (Untuk WNA) dan Surat kuasa asli untuk debitur perorangan. Sementara itu, untuk debitur badan usaha, diperlukan NPWP, Akta pendirian perusahaan, FC legalisir perubahan anggaran dasar yang memuat susunan pengurus, Surat kuasa asli, FC dan asli identitas badan usaha serta FC pemberi dan penerima kuasa.
  2. Isi form antrian bi checking online
    Isi form antrian terlebih dahulu, isinya lewat: https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi. Well, perlu anda tahu kalau layanan antrian online terbagi dalam beberapa sesi dan ada batas kuota, mulai dari jam 08.00-15.00. Sesuaikan dengan waktu luang anda.
  3. Verifikasi dulu
    Setelah mengisi formulir online, tunggu email persetujuan yang dikirim ke inbox email anda. Nantinya ada nomer WhatsApp OJK-SLIK yang tertera di email untuk anda hubungi dalam rangka menyelesaikan tahap verifikasi
  4. Cek email
    Nah, tahap terakhir adalah cek email. Informasi status BI Checking akan dikirim melalui email.Kalau anda kebingungan membaca informasi debitur, silahkan baca panduannya yang telah disediakan di situs resminya. By the way, biar nggak bingung, ini kriteria skor BI checking dan artinya:
  • Skor 1: Kredit Lancar (debitur memenuhi kewajiban, nggak pernah nunggak)
  • Skor 2: Kredit dalam perhatian khusus (DPK) Debitur menunggak cicilan 1-90 hari
  • Skor 3: Kredit tidak lancar, debitur menunggak 91-120 hari.
  • Skor 4: Kredit diragukan, debitur menunggak 121-180 hari
  • Skor 5: Kredit macet!

Jaga dengan baik skor kredit anda. Bila skor kredit sudah di angka yang memprihatinkan, anda harus was-was dan segera memperbaikinya. Kalau sudah terlanjur buruk, butuh waktu yang lumayan untuk mengembalikan skor kredit ke posisi aman. So, mendingan mencegah daripada mengobati, kan?

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *