Mengenal Modus Kejahatan Carding Kartu Kredit dan Bagaimana Kita Seharusnya Menyikapinya

Mengenal Modus Kejahatan_Carding Kartu Kredit

Kartu kredit, bagaimanapun menjanjikan sekuritas yang sangat tinggi, tapi sang pemilik harus tetap hati-hati. Jangan sampai lengah dengan keadaan. Memiliki kartu kredit berarti anda juga harus bersiap-siap dengan resiko kejahatan pembobolan kartu kredit.

Salah satu tindak kejahatan kartu kredit yang masih sangat marak adalah carding kartu kredit. Apa yang dimaksud dengan carding?

    1. Carding merupakan kejahatan pencurian data informasi kartu kredit orang lain. Data tersebut digunakan untuk pencairan saldo limit kartu kredit ke rekening.
    2. Kartu kredit merupakan tindakan yang melanggar hukum dalam tindak pidana. Pelaku carding dapat diancam penjara lewat pasal 362 KUHP. Tanpa menunggu pengaduan pihak korban, pelaku bisa langsung dipidana.
    3. Pembobolan kartu kredit dengan sistem carding ini biasanya terbagi dalam dua kategori:
  • Card Present
    Proses pencurian data dengan mesin EDC di tempat komersil. Para penjahat menggunakan suatu alat bernama card skimmer. Perhatikan, jika dibawah meja kasir terdapat hal aneh semacam mesin yang mencurigakan, bisa jadi itu adalah alat skimmer. Prosesnya, kartu yang sudah digesek di mesin EDC lalu digesek ulang di card skimmer. Fungsinya, untuk dicuri datanya.
  • Card Not Present
    Kejahatan ini memakai internet sebagai alatnya. Penjahat menjalankan teknik email phising ke alamat target. Bila korban sudah terperdaya, ia tak akan menyadari masuk ke sistem phising tersebut. Akhirnya, data-data akan secara sukarela masuk ke penjahat.
    Kedua model pencurian data tersebut sudah marak terjadi di Indonesia. Kurangnya edukasi dan kewaspadaan diri membuat modus ini semakin marak terjadi.

Bila suatu saat terjadi dengan anda, bagaimana cara menyikapinya?

Hal yang harus kita perhatikan ketika mendapat kejahatan semacam itu adalah untuk terus meningkatkan kewaspadaan dalam bertransaksi. Pastikan untuk mengetahui ciri-ciri email phising. Bahasa email phising seringkali terkesan memaksa.

Pastikan untuk mengetahui secara langsung proses gesek EDC. Pastikan untuk menyimpan data-data pribadi anda meskipun pada orang yang anda percaya sekalipun. Simpan data untuk diri anda sendiri.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *