Tekuni Satu Bisnis Atau Ekspansi Bisnis Ke Bidang lainnya? Mana yang Lebih Baik?

Tekuni Satu Bisnis Atau Ekspansi Bisnis Ke Bidang lainnya? Mana yang Lebih Baik?

Selain permasalahan seputar kartu kredit, banyak sekali yang tanya ke saya lewat instagram @royshakti mengenai permasalahan bisnis dan pengembangannya itu sendiri. Saya sendiri memang punya beberapa lini bisnis lain termasuk diantaranya ada warung makan bebek gong (ig: @bebekgongid), cafe cheesebury kopitiam (ig: @cheeseburyid), usaha pembuatan sticker dan juga pakan burung bernama “Alami Bird Care”. Usaha-usaha saya tersebut bermodalkan management kartu kredit yang sudah saya pelajari. Nah, kebetulan di DM instagram saya ada beberapa yang tanya: “Pak Roy, sebaiknya ekspansi bisnis ke bidang lainnya apa stay dulu kembangkan satu bisnis?”

Berdasarkan pengalaman saya sendiri sih. Kalau anda masih karyawan atau pebisnis pemula yang ingin merintis, mendingan tahan dulu untuk ekspansi bisnis. Jangan gegabah. Menurut saya mending anda besarkan dulu satu bisnis saja. Sampai kapan?

Ya minimal, anda bisa “kaya” dari bisnis anda tersebut. Menurut saya sendiri, itungan “kaya” nya itu minimal penghasilan anda sebulan bisa mencukupi kehidupan anda sendiri selama 6 bulan tanpa bekerja. Bila belum sampai tahap seperti ini, mending jangan ekspansi bisnis dulu.

Nah, selanjutnya, bila penghasilan anda sudah mencapai taraf seperti itu, dalam artian bisa mencukupi hingga 6 bulan tanpa bekerja, barulah anda “aman” untuk ekspansi. Anda bisa coba-coba berinvestasi properti, nambah franchise, atau investasi lain terserah anda. Pokoknya, anda kudu dan wajib punya main income yang bisa jadi pegangan sebelum ekspansi bisnis.

Banyak banget nih teman-teman entrepreneur pemula yang sudah kalap buat nambah lini bisnis lain ketika bisnis utama belum kokoh. Akhirnya, karena nggak fokus, bisnis main income tersebut ikut tumbang bersamaan dengan bisnis-bisnis lain.

Saran saya, bila posisi anda masih di bawah, fokus satu bidang saja! Jangan lupa! anda harus punya tim yang kuat dalam menjalankannya. Anda bukanlah malaikat yang bisa lakukan semuanya sendirian.

Well, saya sendiri sebenarnya udah sampaikan materi ekspansi bisnis ini di youtube saya. Anda bisa lihat di link dibawah ini. Silahkan anda tonton deh agar mengerti penjelasan lebih lengkapnya:

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *