Tak Perlu Takut Dengan Debt Collector, Pahami 5 Hak Anda Sebagai Nasabah

Tak Perlu Takut Dengan Debt Collector, Pahami 5 Hak Anda Sebagai Nasabah

Dikejar-kejar debt collector memang bikin pusing 7 keliling. Jantung deg-degan seakan dipanggil malaikat pencabut nyawa. Logika jadi hilang, akhirnya bingung gimana cara ngadepinnya.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Wah, padahal logika yang baik akan membuat penyelesaian hutang kartu kredit lebih lancar dan cepat dari biasanya. Banyaknya orang yang bermasalah dengan kartu kredit sebenarnya bukan karena salah kartu kreditnya. Ini terjadi karena pengelolaan user kartu kredit itu sendiri yang salah.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Menurut data, tren kartu kredit bermasalah di indonesia merangkak naik. Artinya, makin banyak nasabah bank yang menunggak pembayaran cicilan kredit. Ditambah lagi, masa pandemi seperti sekarang ini. Makin banyak pengguna kartu kredit yang susah untuk membayar tanggungan.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Namun, seperti sebuah quote: selalu ada jalan untuk setiap hal yang diusahakan. Peserta kelas BDJKK terbukti bisa menyelesaikan masalah penyelesaian utang dengan tuntas.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Anyway, sebagai seorang pejuang melunasi utang, anda nggak perlu takut dengan debt collector. Anda ini sudah dilindungi undang-undang, loh.
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Misalkan saja, ada surat edaran bank indonesia tentang alat pembayaran dengan kartu (APMK).
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Dalam surat edaran juga telah diatur bagaimana mekanisme penagihan utang dengan kartu kredit. Anda sebagai nasabah wajib tahu nih beberapa aturan tentang penagihan CC berikut ini:

  1. Identitas debt collector harus jelas
    Seorang debt collector memang sudah seharusnya menjelaskan identitasnya pada yang ditagih. Oleh karena itu, bank penerbit kartu kredit wajib mengurus administrasi debt collector.
  2. Debt collector wajib sudah melakukan pelatihan penagihan
    Dalam praktiknya, seorang debt collector wajib mengikuti pelatihan kartu kredit yang proper. Bank penerbit kartu kredit wajib banget untuk memastikan apakah debt collectornya sudah mengerti masalah etika penagihan yang baik dan benar.
  3. Debt collector hanya boleh menagih utang yang macet
    Menurut aturan BI, debt collector hanya boleh menagih utang yang sudah macet saja, bukan utang yang terlambat bayar. Nah, kategori utang macet ini bila sudah terlambat cicilan lebih dari 6 bulan.
  4. Debt collector dilarang menagih dengan ancaman
    Seorang debt collector dilarang menagih dengan suatu ancaman dan kekerasan. Selain itu, dilarang pula membuat nasabah merasa dipermalukan. Kekerasan verbal dan fisik dilarang dilontarkan oleh debt collector. Bila hal-hal ini dilanggar, anda bisa loh melaporkan debt collector yang nakal.
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *