Perhatikan, 5 Hal Ini Bikin Utang Anda Tak Kunjung Lunas!

Perhatikan, 5 Hal Ini Bikin Utang Anda Tak Kunjung Lunas!

Kebiasaan utang memiliki dampak besar dalam kondisi finansial. Bila anda bisa mengendalikannya, maka utang akan menolong anda. Salah satu contohnya adalah penggunaan utang sebagai modal usaha. Namun, bila anda kalah dengan utang, utang itulah yang akan mengendalikan anda. Banyak yang tidak bisa melunasi utang karena tidak paham cara mengendalikan diri yang baik. Perhatikan, 5 poin di bawah inilah yang membuat utang anda tidak juga lunas:

  1. Mengambil cicilan di luar batas kemampuan
    Banyak yang terjatuh dalam gaya hidup hedon tanpa bisa menurunkan standarnya. Akhirnya, seseorang jadi boros dan tidak bisa mengendalikan diri. Sudah ambil cicilan barang-barang mewah, namun ketika masanya ditagih, bingung mau membayar. Sebaiknya sesuaikan cicilan dengan batas kemampuan, bukan gaya hidupmu. Gaya hidup besar pasak daripada tiang inilah yang akan menggerus kondisi finansial anda.
  2. Telat bayar cicilan utang kartu kredit
    Meski merupakan dana cadangan yang fleksibel dan mudah untuk ambil cicilan, jangan terlena dan lupa buat membayar tagihan kartu kreditnya. Kartu kredit memiliki bunga yang wajib dibayarkan. Bila anda membayarnya melewati tanggal jatuh tempo, semakin besar pula bunga yang dibayarkan.
  3. Tidak punya dana cadangan sama sekali
    Berapapun besarnya, dana cadangan sangat penting dimiliki oleh siapa saja. Mau kamu seorang pengusaha atau seorang pegawai, perlu banget nih punya dana darurat. Pemasukan selalu tak menentu namun pengeluaran itu suatu hal yang pasti. Nah, kalau tak punya dana cadangan sama sekali, akan susah bila ada hal-hal yang tak terduga semacam bencana alam, mobil rusak maupun penyakit yang menimpa.
  4. Mengambil minimum payment
    Kelihatannya, minimum payment tidak akan memberatkan ketika mencicil karena jumlahnya yang sedikit. Padahal, semakin kecil jumlah cicilan bulanannya, maka bunganya pun akan makin besar. Semakin kecil jumlah cicilan yang diambil, semakin lama pula pelunasannya. So, sebaiknya hindari minimum payment supaya jumlah bunganya tidak terlalu besar.
  5. Punya sifat “Yes Man”
    Sifat “Yes Man” alias penurut akan berpengaruh pada cara anda mengelola uang. Jangan sampai pengaturan finansial anda dikendalikan orang lain. Jangan mau diminta menghabiskan uang untuk foya-foya demi menuruti kehendak orang lain. Ubah kebiasaan dan jadilah merdeka dalam mengatur keuangan.
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *