);


Pentingnya Feedback dari yang Sudah Berpengalaman

Pentingnya Feedback dari yang Sudah Berpengalaman

Mempunyai bisnis adalah salah satu wujud impian bagi kalangan masyarakat. Namun memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah, dalam menjalankan bisnis kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mendukung bisnis agar bisnis yang dijalankan mampu berkembang dan mampu bersaing dengan pesaing bisnis lainnya. Karena kesuksesan dalam berbisnis tidak akan pernah lepas dari yang namanya proses sebab bisnis bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara instan, artinya seseorang tidak akan bisa memulai bisnis tanpa tahu hal-hal yang dapat menunjang bisnis itu sendiri. Lalu bagaimana caranya agar bisnis dapat berkembang dan mampu bersaing?

Salah satu cara agar bisnis dapat berkembang adalah dengan mendapatkan referensi yang bersumber dari informasi–informasi yang masih berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Selain mencari informasi tentang cara mengembangkan bisnis, sebuah bisnis juga memerlukan masukan–masukan yang dapat berpengaruh dalam perkembangan bisnis itu sendiri. Masukan-masukan biasanya bisa didapatkan dari para konsumen yang sudah pernah mencoba atau menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan, namun selain peran konsumen dalam memberikan masukan, mungkin penting bagi pebisnis untuk mendapatkan masukan dari para pakar bisnis atau orang yang jauh lebih berpengalaman dalam bidang bisnisnya masing-masing, salah satu bentuk usaha pebisnis untuk mewujudkan sebuah bisnis yang berkembang adalah seperti mendatangi acara-acara seminar atau pelatihan-pelatihan yang berisi mentor-mentor yang sudah memiliki banyak pengalaman dibidang bisnis, apabila dirasa perlu, presentasikan sedikit bisnis yang sedang dikelola kepada orang-orang atau mentor-mentor yang memang sudah memiliki jam terbang dibidangnya, dengan begitu setidaknya para pelaku bisnis akan mendapatkan pencerahan dalam pengembangan bisnis yang dimilikinya.

Pentingnya Feedback dari yang Sudah Berpengalamann

Contohnya seperti ketika memulai bisnis kuliner, tentu sebagai pemula kita harus mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar nantinya bisnis bisa mendapatkan kelancaran tanpa adanya hambatan, bisnis kuliner sendiri sebenarnya mempunyai peluang yang cukup besar untuk berkembang dengan catatan jika dilakukan dengan cara yang tepat dan sungguh-sungguh karena bisnis kuliner sendiri mempunyai segmentasi yang luas dan dapat mencakup semua kalangan dan golongan. Pebisnis kuliner bisa memulai meminta pendapat kepada pakar bisnis dibidang kuliner, mulai menanyakan bagaimana agar konsumen bisa merasakan kenyamanan saat berada dilokasi bisnis, bagaimana cara menciptakan menu yang dapat menarik minat konsumen untuk mencobanya, serta pelayanan yang bagaimana agar konsumen dapat merasa senang dan puas.

Dalam hal menggali informasi terkait pengembangan bisnis melalui mentoring, ada batasan-batasan yang harus dipahami oleh seorang pebisnis antara lain sebisa mungkin posisikan diri sebagai seseorang yang benar-benar ingin mendapatkan pembelajaran untuk mengembangkan sebuah bisnis, jangan memberikan statment-statment yang terkesan menggurui, dan yang terpenting dalam menjalani sebuah bisnis adalah kejujuran informasi yang diberikan artinya informasi bisnis benar-benar sesuatu yang real dan tidak dibuat-buat karena sebuah bisnis akan berkembang dengan baik jika informasi yang diberikan memang apa adanya, mulai dengan menunjukkan kondisi bisnis yang dijalankan,  strategi pemasaran bisnis yang dipakai, bagaimana minat konsumen terhadap produk dan pelayanan yang diberikan saat ini, sampai pada detail keuangan pada bisnis.

Maka dari itu hal yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis adalah mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menyaring informasi-informasi yang didapat dari pakar bisnis agar nantinya bisnis yang dikelola semakin memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat diperhitungkan sebagai pesaing bisnis yang kuat dikalangan pebisnis lainnya.



About Roy Shakti
Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution dan Credit Strategy For Investing.

One Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

Ritz Academy

Ritz Academy adalah event organizer yang fokus pada pendidikan finansial dan bisnis.

Copyright 2019 - Ritz Academy - All Rights Reserved