Jurus-Jurus Berikut Bisa Anda Gunakan Untuk Menagih Hutang Secara Halus.

_Jurus-Jurus Untuk Menagih Hutang Secara Halus

Tentu anda pernah merasa sebal dengan teman anda yang suka ngutang tapi bayar ogah-ogahan. Saya paham rasanya. Banyak dari kita yang pasti punya pengalaman seperti ini. Namun, pasti kita punya ganjalan hati karena rasanya sungkan.

Nah, kalau sampai ditagih tapi si dia tidak ada inisiatif untuk mengembalikan uang yang selama ini dipinjam, anda harus keluarkan jurus-jurus baru agar dia segera sadar dan membayar utangnya. Ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menagih hutang secara halus. Simak, ya.

  1. Cari Tahu Kapan Teman Anda Gajian
    Ketika menagih hutang ke teman anda, sebaiknya cari tahu dulu kapan si dia gajian. Hindari menagih di tanggal-tanggal potensi bokek yang mana kemungkinan besar teman anda akan menghindar.
  2. Beri Kode Ke Teman Anda
    Sebaiknya memang anda menagih dengan memberi kode ke teman anda pada tanggal gajiannya. Ini akan membuat anda terhindar dari menyakiti hatinya. Bisa dengan bilang “wah gajian bro. Aku lagi bokek, nih”
  3. Kode Minta Traktir
    Kalau anda tipe yang nggak enakan, coba bilang ke teman anda untuk minta traktir atau permintaan terselubung nanti. Bisa dengan bilang “bro, nitip barang ya. Pakai duit lu dulu deh” dan lain semacamnya.

    Kalau teman anda sadar diri sih tentu nggak akan menagih balik ke anda. Dia pasti sadar masih punya sejumlah tanggungan ke anda.

  4. Elus egonya
    Kalau teman anda adalah tipe yang tak suka egonya direndahkan, coba mainkan egonya. Puji dia dahulu dan beritahu bahwa ada kabar burung populer yang bilang kalau teman anda ini suka telat bayar utang. Utarakanlah kalau kabar ini bisa menyebar secara cepat diantara teman kalian.
  5. Blak-blakan
    Anda tipe yang tegaan? langsung saja blak-blakan! Bilang ke teman anda kalau anda memang membutuhkan uang tersebut saat itu juga. Dijamin, kalau teman anda adalah orang yang pengertian dia akan mengembalikan uang anda.

Nah, untuk anda yang punya masalah utang dengan kawan, bisa diselesaikan dengan memberi tahu dia dengan jurus-jurus di atas. Namun, untuk anda yang belum pernah di utangin sahabat anda, saran saya sih sebaiknya hindari hutang atau menghutangi teman. Lebih baik anda apply kartu kredit dan memanfaatkan limitnya agar tidak terjadi drama dengan teman anda.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *