Cara Agar Bisnis Anda Mendapatkan Respon dari Konsumen

Cara Agar Bisnis Anda Mendapatkan Respon dari Konsumen

Saat ini berbisnis memang menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk memperoleh sumber pendapatan. Bisnis sendiri adalah suatu kegiatan menjual barang ataupun jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba atau penghasilan. Bisnis sendiri dibagi menjadi beberapa bidang antara lain bisnis yang bergerak dalam bidang jasa, properti, kuliner dan lain sebagainya.

Salah satu contoh bisnis yang sedang marak saat ini adalah bisnis kuliner dimana bisnis dibidang ini sangat menguntungkan bagi pebisnis karena makanan adalah kebutuhan primer yang pastinya diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi jika konsumen sudah terlanjur menyukai masakan pada sebuah restoran maka konsumen tersebut tidak akan hanya sekali dua kali berkunjung untuk membelinya. Oleh sebab itu seorang pebisnis dituntut harus bisa mengetahui bagaimana cara agar bisnis yang dijalankan mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat ini, bisa dengan mengutamakan kepuasan para konsumen melalui konsumen itu sendiri artinya pebisnis mengajak konsumen untuk memberikan masukan dan tanggapan.

Salah satu Cara Agar Bisnis Anda Mendapatkan Respon dari Konsumen adalah dengan memanfaatkan metode survey. Survey bisa diberikan secara langsung kepada konsumen atau dengan bantuan alat penunjang survey, contoh survey secara langsung kepada konsumen adalah saat seorang konsumen mengunjungi sebuah restoran, pelayan dapat memintanya untuk mengisi kertas survey yang meliputi pertanyaan-pertanyaan seputar produk dan pelayanan yang berkaitan dengan bisnis tersebut, survey semacam ini mungkin akan sedikit mengganggu kenyamanan konsumen pada saat itu, tetapi jangan khawatir anda dapat mengakalinya dengan memberikan semacam promo pada konsumen seperti mendapatkan gratis minuman bagi yang mau meluangkan waktunya untuk sekedar mengisi kuisioner. Untuk bahan surveynya sebaiknya berisi hal-hal yang sekiranya dapat dipakai sebagai referensi untuk mengembangkan bisnis seperti menanyakan hal-hal yang dirasa kurang memuaskan bagi konsumen.

Metode survey dalam berbisnis saat ini memang sangat diperlukan bagi kalangan pebisnis, tujuannya tidak lain untuk bisa mengembangkan bisnis itu sendiri. Melalui konsumen para pebisnis dapat mengetahui dimana letak kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan serta bisa mendapatkan sebuah acuan untuk lebih meningkatkan kualitas produk maupun layanan yang diberikan. Apalagi saat ini banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan para pebisnis untuk melakukan survey, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang semakin memudahkan kita dalam melakukan segala sesuatu termasuk untuk mendapatkan perhatian dan respon dari konsumen terhadap bisnis yang sedang dijalankan maka dalam berbisnis kita tidak akan pernah lepas dari peran penting seorang konsumen karena tujuan survey adalah untuk mengetahui seberapa puaskah para konsumen terhadap pelayanan dan produk yang diberikan.

Mungkin inilah beberapa metode yang dapat membantu kita untuk mendapatkan respon yang membangun dari konsumen, antara lain :

  • Survey dengan memanfaatkan Teknologi
  • Media Elektronik

Media elektronik adalah suatu media yang membutuhkan sumber energi listrik untuk dapat kita akses atau melihat isi dari content tersebut, seperti pada rekaman video, anda pasti akan membutuhkan suatu daya listrik untuk melihat isi dalam content tersebut.

Contoh metode survey menggunakan sarana media elektronik adalah dengan adanya bisnis supermarket waralaba yang menyediakan sebuah layar touchscreen atau media elektronik yang diletakkan didepan kasir, kemudian konsumen akan diminta untuk menekan salah satu dari 2 tombol, yaitu tombol puas dan tidak puas pada layar, namun survey ini masih memiliki kekurangan yaitu hanya ada 2 tombol pada layar, artinya seorang konsumen tidak bisa memberikan alasan yang spesifik kenapa  konsumen bisa memilih salah satu tombol yang tersedia, namun bagi konsumen mungkin ini malah menjadi suatu kelebihan atau keuntungan tersendiri karena mereka hanya perlu sekali menekan.

Konsumen dapat menekan tombol puas ketika ia mendapatkan pelayanan yang baik entah saat karyawan membantunya untuk mencarikan barang atau menawarkan keranjang belanja ketika melihat konsumen membawa banyak barang. Tetapi konsumen cenderung akan menekan tombol tidak puas ketika pelayanan yang diterima tidak sesuai harapan, semisal saat terjadi antrian yang panjang dikarenakan kasir yang lelet dalam menjumlah barang yang dibeli atau mungkin karena pelayanan kasir kepada konsumen yang tidak ramah padahal keramahan adalah salah satu hal sederhana namun sangat disukai oleh konsumen.

Ketika anda mendapatkan pujian dalam bisnis, jangan pernah merasa puas terlebih dahulu, karena respon-respon bernada kritikan dan masukan justru yang diperlukan dan dibutuhkan untuk pengembangan bisnis, karena sebagai pelaku bisnis kita bisa tahu dimana letak kesalahan kita saat melakukan bisnis tersebut dan anda bisa mulai memperbaiki atau meningkatkan produk maupun pelayanan supaya bisnis yang sedang di jalani bisa terus berjalan dan mengalami kemajuan.

  • Sosial Media

Selain dengan memanfaatkan media elektronik, Cara Agar Bisnis Anda Mendapatkan Respon dari Konsumen adalah dengan menggunakan sosial media sebagai sarana untuk melakukan survey terhadap kepuasan konsumen. Sosial media sudah banyak dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat, hal itu dapat diketahui dari  banyaknya aplikasi-aplikasi sosial media yang sudah digunakan oleh pengguna ponsel pintar semua kalangan baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa karena sosial media mungkin sudah jadi bagian dari gaya hidup bahkan mungkin sudah menjadi suatu kebutuhan hidup bagi manusia untuk sarana berbagi informasi, berkumpul dan berbicara secara online, serta dapat memudahkan dalam hal berkomunikasi satu sama lain.

Selain digunakan untuk hal-hal tersebut, sosial media juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai lahan untuk berbisnis, bukan hanya bisnis yang basisnya online saja, bisnis toko, restoran hingga perusahaan-perusahaan besar juga menggunakannya, tujuannya tidak lain untuk mengenalkan bisnis yang mereka jalankan agar dapat lebih dikenal di masyarakat Indonesia bahkan sampai luar negeri.

Dengan media sosial kita dapat lebih mudah menjaring konsumen dengan pemanfaatan fitur-fitur yang ada pada media sosial itu sendiri. Media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk lahan berbisnis saat ini antara lain facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, pada jejaring sosial seperti facebook anda dapat memanfaatkan kolom komentar dan fitur polling sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa puaskah konsumen dengan produk dan layanan yang sudah diberikan, dalam membuat pertanyaan jangan pernah mengarahkan konsumen ke respon yang hanya akan membuat anda senang seperti pertanyaan yang  berisi tentang kelebihan-kelebihan yang ada pada bisnis anda, buatlah pertanyaan yang sekiranya dapat membuat bisnis anda bisa tumbuh berkembang seperti menanyakan apa yang perlu dievaluasi atau diperbaiki dalam produk dan layanan yang sudah diberikan. Dari situ anda akan sedikit mengetahui dimana letak kekurangan bisnis anda dan tentunya anda bisa segera melakukan perubahan kearah yang lebih baik untuk perkembangan bisnis anda melalui jejaring sosial.

Kekurangan dan kelebihan menggunakan sosial media untuk media survey sendiri adalah testimonial yang diberikan konsumen terbaca oleh konsumen lain yang nantinya dapat mempengaruhi minat konsumen untuk menggunakan jasa ataupun produk yang ditawarkan. Contohnya ketika salah satu konsumen memberikan testimonial yang negatif, lalu terbaca oleh konsumen lain yang ingin menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, konsumen cenderung akan membatalkan niat untuk menggunakan produk atau jasanya karena adanya respon negatif yang diberikan konsumen, tetapi ketika konsumen memberikan testimonial yang positif tentu akan membuat konsumen lain merasa yakin bahwa barang atau jasa yang diberikan mempunyai kualitas yang baik.

Soal berbisnis kita tidak akan luput dengan yang namanya respon positif dan respon negatif, maka dari itu pemanfaatan media sosial bagi bisnis juga dapat mempermudah konsumen untuk memberikan masukan dan kritikan. Jadikan sosial media sebagai alat yang dapat mengantarkan anda dalam meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Cara Agar Bisnis Anda Mendapatkan Respon dari Konsumen

  • Survey Kuesioner

Adapun Cara Agar Bisnis Anda Mendapatkan Respon dari Konsumen adalah dengan melakukan survey kueisioner. Survey kuisioner adalah salah satu survey yang bisa dilakukan secara online maupun offline, untuk survey kueisioner secara online konsumen dapat melakukan pengisian pada sebuah halaman yang diakses melalui internet, untuk cara offline atau manual pebisnis dapat memanfaatkan kuesioner semacam angket untuk meminta konsumen memberikan responnya selama menggunakan produk maupun layanan yang ditawarkan.

Metode survey kuisioner sendiri merupakan metode pengumpulan data dengan cara memberikan pertanyaan yang akan dijawab langsung oleh para koresponden, dan kuisioner adalah alat yang digunakan untuk pengumpulan data tersebut.

Survey kuesioner sering dijumpai pada bisnis manapun tentunya dengan tujuan yang sama yaitu bagaimana para pelaku bisnis dapat mengetahui perkembangan bisnisnya melalui survey kuisioner yang sampai saat ini masih banyak digunakan dikalangan pebisnis untuk mengetahui seberapa besar minat para konsumen dengan produk dan layanan yang ditawarkan.

Dengan diberikannya kuesioner pada konsumen, tentu akan sangat membantu para pebisnis untuk mengetahui hal-hal yang dirasa perlu diperbaiki agar nantinya bisa lebih meningkatkan kualitas jasa dan layanan yang diberikan selama ini.

Kelebihan menggunakan survey kuisioner yaitu pelaku bisnis bisa mendapatkan respon dari konsumen secara langsung karena kuisioner dapat dilakukan pada saat konsumen berada pada lokasi bisnis. Namun kekurangan dari survey kuesioner ini adalah konsumen cenderung menjawab pertanyaan secara asal–asalan, apalagi jika kuisioner dberikan diwaktu yang tidak tepat seperti saat konsumen sedang sibuk atau sedang terburu–buru.

  • Survey Konsumen

Dalam sebuah bisnis kepuasan konsumen adalah hal yang sangat penting, apabila konsumen merasa puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan otomatis konsumen tidak akan kapok untuk kembali pada bisnis yang sedang anda jalankan. Melakukan survey langsung kepada konsumen mungkin cara yang paling mudah dan efektif sebenarnya, namun cara ini sedikit memerlukan keberanian karena anda akan berhadapan secara langsung dan menanyakan bagaimana tanggapannya tentang bisnis yang sedang anda kelola. Arahkan mereka dengan  pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya bisa membantu bisnis anda semakin maju, berkembang dan mempunyai banyak inovasi, oleh sebab itu ketika ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis, anda dituntut memiliki mental yang kuat untuk mendengarkan tanggapan dari seorang konsumen.

  • Survey Produk

Selain dengan survey konsumen para pebisnis juga perlu mengadakan survey produk yang nantinya bisa anda jadikan acuan dalam mengembangan bisnis yang sedang dikelola, dengan survey produk, anda akan tahu produk mana yang dapat memberikan kepuasan untuk para konsumen dan produk mana yang dirasa kurang diminati oleh konsumen karena berbagai alasan.

Mungkin dalam melakukan survey produk, anda dapat melakukan sebuah perbandingan pada sebuah produk, artinya produk anda akan dijejerkan langsung dengan produk pesaing yang tentunya tanpa menyebutkan merk dagang produk yang kita jadikan perbandingan. Dengan begitu pebisnis akan memperoleh tanggapan objektif atau tanggapan yang tidak memihak salah satu merk dagang.

Untuk menjadi seorang pebisnis yang pertama kali dibutuhkan adalah mental yang kuat, seperti tidak mudah menyerah, tidak mudah tersinggung dengan ucapan konsumen ketika mendapatkan kritikan, serta bersedia mendengarkan dan menampung aspirasi semua konsumen karena bisnis yang baik adalah bisnis yang memperhatikan keinginan para konsumen, mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan akan segera mengevaluasi serta memperbaiki kekurangan agar bisa membuat konsumen semakin puas terhadap produk dan layanan yang diberikan.

Oleh sebab itu respon dari para konsumen memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan bisnis yang sedang dijalankan sebab bisnis dan konsumen sendiri sangat erat kaitannya, bisnis membutuhkan konsumen agar bisnis bisa tetap berjalan dan konsumen membutuhkan sebuah produk yang dihasilkan dalam suatu bisnis karena memberikan manfaat bagi seorang konsumen.



About Roy Shakti
Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution dan Credit Strategy For Investing.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *