4 Langkah Mengurangi Rasa Depresi Karena Utang

4 Langkah Mengurangi Rasa Depresi Karena Utang

Punya utang memang seringkali bikin stress. Namun, hal itu bukan alasan bagi anda untuk menyerah. Tetaplah berusaha untuk melunasinya. Jangan lupa jaga mental biar tetap sehat! Anda harus tetap menjalani hidup seperti biasa. Nah, agar mengurangi rasa depresi akibat utang, coba 4 langkah berikut ini.

  1. Curhatkan Masalah Ke Orang yang Tepat. Jangan Mengurung Diri
    Curhat ke orang yang tepat bisa jadi solusi. Bergurulah pada teman yang mungkin punya masalah sama di masa lalu. Daripada diem-diem doang, kan?
    Well, kebanyakan orang malah tiba-tiba jadi ‘anti sosial’ saat terjerat utang. Stop! tindakan mengurung diri dan menjaga jarak dari lingkungan justru nggak bagus untuk mental anda. Tetap jalani hidup seperti biasa, perbanyak lingkup pergaulan anda. Lebih baik lagi, cari komunitas dengan visi dan misi yang sama.
  2. Jangan Malas Belajar Tentang Status Hukum Orang Berutang
    Banyak orang gagal menghadapi utangnya sendiri karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup. So, jangan malas belajar dan mencari fakta tentang status hukum utang anda. Masalah utang adalah masalah perdata. Anda bisa belajar ilmunya lewat youtube maupun situs yang kredibel.
  3. Buang Gengsi dan Harga Diri Anda
    Masalah utang erat kaitannya dengan gengsi dan harga diri. Hari ini anda jatuh, bukan berarti seumur hidup anda akan di bawah. Teruslah bekerja keras untuk melunasi utang, buang gengsi anda. Saat anda sukses nanti, orang-orang akan melupakan bulian kepada anda. Manfaatkan pula setiap peluang yang diberikan pada anda. Jangan kebanyakan alasan, karena inilah salah satu hal yang membuat anda tidak akan berkembang.
  4. Milikilah Mentor dengan Kondisi Anda Saat Ini
    Jangan sendirian saat menghadapi utang! Segera cari mentor yang tepat seputar kondisi anda. Mentor yang bagus pastinya punya pengalaman yang matang.

 

Seperti di kelas BDJKK (Bangkit Dari Jeratan Kartu Kredit), ribuan peserta berhasil bangkit dari masalah karena saya mentori serta adanya sharing session antar peserta untuk menambah pengalaman. Dengan memiliki mentor, setidaknya langkah yang anda ambil lebih terarah.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *