Untung 360 Juta! Penipu Ini Apply Kartu Kredit Pakai KTP Palsu

Untung 360 Juta! Penipu Ini Apply Kartu Kredit Pakai KTP Palsu

Ada-ada saja. Modus penipuan di tahun 2021 ini semakin kreatif, tapi juga makin miris! Bila dulu beberapa orang melakukan penipuan kartu kredit dengan OTP untuk menyedot limitnya, maka sekarang ada cara yang lebih canggih. Pelaku penipuan menggunakan KTP palsu untuk apply kartu kredit!

Tak tanggung-tanggung, jumlah kartu kredit yang diajukan pun ada 15 kartu kredit. Nah, dari 15 kartu tersebut, 15 buah CC cair dengan nominal sekitar 360 juta rupiah. Modus yang dilakukan penipu pemalsuan KTP ini sudah dimulai sejak tahun 2017. Yah, meskipun lumayan lama, namun total limit yang didapatkan pun sangatlah banyak.

Pelaku mengaku tidak semua kartu kreditnya disetujui oleh bank, Bahkan, beberapa KTP palsu harus dipoles terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu kredit yang diinginkan.
Polisi kebetulan sudah mengendus gelagat aneh pelaku sejak lama. Penyidik pun berkoordinasi dengan bank sebagai korban penipuan aksi pelaku.

Mulanya, Bank yang menjadi korban kejahatan penipuan ini melaporkan adanya KTP palsu yang digunakan Apply kartu kredit.

Memang, kejahatan terjadi karena adanya niat pelaku. Nah, pelaku penipuan KTP ini sangatlah niat menipu sampai rela mengeluarkan uang untuk pergi ke daerah tempat kartu kredit tersebut diapply.

Jadi, pelaku mengambil data nasabah berupa NIK dan data-data lainnya dari salah satu aplikasi online. Nah, setelah itu, NIK tersebut dipakai sebagai salah satu senjata untuk membuat KTP Palsu.
Setelah itu, barulah pelaku mengajukan kartu kredit ke daerah sesuai asal KTP yang dipalsukan. Bila KTP yang dipalsukan berdomisili di Aceh, maka pelaku akan terbang ke Aceh untuk membuat kartu kredit di Bank yang ada di Aceh.

Tak hanya KTP, untuk melancarkan aksinya, si pelaku pun juga memalsukan data-data lain seperti NPWP serta alamat.
Penyidik pun mengamankan barang bukti berupa NPWP serta kartu kredit senilai limit Rp 360 juta rupiah. Pelaku akhirnya dijerat dengan pasal berlapis, yaitu 268 KUHP dan 378 KUHP. Lama masa penjaranya yaitu 4 tahun dan 6 tahun penjara.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *