Sejarah Kartu Kredit: Kapan Masuk Ke Indonesia?

Sejarah Kartu Kredit_ Kapan Masuk Ke Indonesia_

Saya sering membahas seputar kartu kredit baik itu lewat Youtube, Instagram atau Tiktok. Konten yang saya bahas biasanya tentang permodalan bisnis menggunakan kartu kredit. Namun, saya jarang membahas sejarah kartu kredit itu sendiri. So, kali ini akan bahas sejarahnya sedikit di artikel ini.

So, kartu kredit ini sebenarnya bermula di tahun 1946. Seorang Bankir bernama John Biggins membuat sistem ‘Charge it’. Ini adalah sistem yang digunakan untuk mempermudah transaksi pembayaran khusus nasabah Flatbush National Ban of Brooklyn. Namun, pada saat itu belum ada istilah kartu kredit dan fisiknya sendiri belum ada. Hanya ada sistem yang jadi cikal bakal adanya kartu kredit itu sendiri.

Kemudian pada tahun 1949, seseorang bernama Frank McNamara makan malam di restoran mewah. Sayangnya, dompetnya tertinggal sehingga tagihan datang dan ia tidak bisa membayarnya. Bermula dari kejadian ini, Frank pun membuat kartu pembayaran bernama Diners Club Card.
Dengan kartu Diners Club Card, Frank bisa makan di berbagai restoran keren di Amerika Serikat guna menaikkan status sosialnya. Lambat laun, kartu tersebut pun semakin populer. Di tahun 1951, banyak orang menggunakan Diners Club Card dan mengikuti jejak Frank. Kartu Diners Club dibuat dari bahan plastik, seperti kartu kredit yang kita kenal sekarang ini.

American Express pun mendengar kabar tentang Diners Club ini dan menerbitkan kartu serupa bernama AMEX (American Express). Di tahun 1960, kartu kredit AMEX diperkenalkan secara besar-besaran agar banyak masyarakat Amerika yang menggunakannya.

10 tahun kemudian, di tahun 1970, Amerika mulai membuat regulasi kebijakan kartu kredit. Kemudian, di tahun 1980, kartu kredit masuk ke negara kita diperkenalkan oleh Bank Duta. Nah, sebenarnya Bank Duta inilah penerbit kartu kredit pertama di Indonesia. Namun, dulu kartu kredit terbitan Bank Duta tidak bisa diapply oleh semua orang melainkan hanya nasabah Bank Duta saja.

Pada tahun 1980, permohonan apply kartu kredit juga tidak bisa online tetapi harus datang langsung ke Bank. Bila ingin mendapatkannya secara mudah, harus mengikuti semacam program referral Member Get Member.

Inilah sejarah singkat kartu kredit. Semenjak tahun 1980, perkembangannya semakin meningkat hingga sekarang

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *