Modal Bisnis Seperti Apa yang Penting Untuk Memulai Usaha?

Modal Bisnis Seperti Apa yang Penting Untuk Memulai Usaha_

Memiliki modal bisnis sangat penting bagi semua pengusaha. Terutama bagi pengguna kartu kredit, limitnya dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis. Well, jangan difikir modal usaha itu sebatas tentang uang saja, ya. Sebenarnya tidak salah kalau berpikir begitu. Namun, selain uang ada banyak jenis modal lain yang diperlukan dalam membuka bisnis.

  1. Modal riset
    Selain uang, ternyata kemampuan riset terhadap potensi bisnis itu sangat penting. Anda mungkin bakal teringat dengan kasus e-commerce Amazon yang menyimpan seluruh data penggunanya, kemudian membuat produk versi murahnya sendiri, untuk kemudian di jual di pasaran.Mari kita kesampingkan kasus Amazon yang melakukan praktik pembunuhan umkm pelan-pelan. Kita fokus bagaimana perusahaan tersebut melakukan riset pasar. Nah, sebelum menentukan barang apa yang akan dijual, riset dulu, lah.Selain riset jenis produk yang diminati, teliti juga lokasi dimana barang akan dijual. Apakah anda akan menitipkan barang tersebut di indomaret atau toko kelontong, menjualnya di e-commerce hijau atau oren, dan sebagainya.
  2. Modal Relasi yang luas
    Kalau anda ingin memulai usaha dari awal, relasi itu sangat amat diperlukan, loh. Faktanya, orang terdekat andalah yang akan membeli produk anda. Selain itu, relasi sangat diperlukan untuk mengembangakan bisnis anda. Misalkan, anda buka usaha paket wisata, anda bisa berjejaring dengan kenalan anda yang menjual tiket wisata murah. Lumayan, kan?
  3. Modal pengetahuan tentang media sosial
    Di tahun 2021 ini, usaha wajib punya media sosial. Dengan kemampuan mengelolanya, anda bisa hemat budget marketing yang sangat lumayan. Kemampuan pengelolaan ini meliputi design, editing dan copywriting.Well, kalau budget anda memang berlebih, sementara anda nggak ada keahlian di medsos, hire saja ahlinya. Dengan mempasrahkannya ke ahli, anda jadi tinggal fokus ke pengembangan bisnis anda.
  4. Modal cadangan (standby loan)
    Bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa bertahan lama. Tentunya dibutuhkan modal cadangan kalau ingin bisnis bertahan terus. Nah, modal cadangan ini bisa didapatkan dengan cara membuat rencana tabungan dana darurat. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan limit kartu kredit sebagai pilihan tepat menyediakan standby loan.
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *