Financial Planning Bagi Perusahaan Itu Perlu. Sepenting Apa?

Sepenting ApaFinancial PlanningBagi Perusahaan?

Mau perusahaan kecil atau besar sekalipun, financial planning itu perlu. Perkara uang dalam berbisnis merupakan suatu hal krusial yang tak bisa dianggap sepele. Kalau perlu, kondisi keuangan bisnis bisa di cek setiap hari. Biar apa? Tentu saja biar sehat.

Seorang pengusaha tak boleh terlena dengan nikmat mendapat banyak keuntungan dari ramainya pembeli. Perlu diperhatikan, penjualan yang baik belum tentu jadi indikator bahwa keuangan perusahaan sehat.

Perusahaan Tetap Butuh Financial Planning yang Baik. Apa Tujuannya?

Financial planning jadi salah satu cara untuk membantu owner mengetahui profil keuangan perusahaan. Tujuanya sendiri adalah:

    1. Mengetahui dengan Jelas Arah dan Tujuan Keuangan Perusahaan
      Rencana Keuangan akan membantu untuk mengerti arus kas masuk dan keluar. Owner juga akan lebih mudah dalam mengetahui produk mana yang mendatangkan keuntungan maupun kerugian. Biaya-biaya yang tak penting juga bisa diketahui dari perencanaan keuangan ini.Kalaupun ada alokasi dana yang kurang tepat, bisa sesegera mungkin diperbaiki agar tidak menimbulkan dampak yang menjalar hingga ke mana-mana. Kas perusahaan pun lebih sehat dan kestabilan keuangan lebih terjaga.
    2. Lebih Mudah Menentukan Lini Mana yang Bisa Ditingkatkan Produktivitasnya
      Dengan mengetahui keuangan suatu perusahaan, akan lebih cepat untuk mengambil keputusan seputar lini produktif mana yang harus ditambah. Peluang untuk berkembang lebih pesat juga bakal semakin cepat.
    3. Bahan Evaluasi yang Berguna Untuk Masa Depan Perusahaan
      Tanpa perencanaan financial yang benar, suatu perusahaan akan lebih mudah mengetahui langkah apa yang dilakukan untuk berbenah. Ini lebih baik ketimbang terlambat mengetahuinya di ujung.

3 Tips Sederhana Financial Planning Ala Carl Richards

Pakar financial planning bernama Carl Richards membagikan tips seputar financial planning dalam bukunya “The One-Page Financial Plan”. Ada 3 pertanyaan yang dibagikan Richard:

  1. Renungkan dulu mengapa uang itu penting?
  2. Apa tujuan masa depan yang akan diraih?
  3. Kenali kondisi keuangan. Bagaimana: sehat/tidak?

Setelah itu, barulah tentukan plan atau rencana keuangan yang akan diambil. Hal yang terpenting dilakukan adalah dengan berinvestasi, menabung. Dana cadangan akan sangat-sangat berguna di posisi genting. Mungkin financial planning terdengar mudah dilakukan. Tapi, kalau anda tidak berhati-hati, financial plan yang anda buat justru akan menyusahkan perusahaan. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memesan jasa financial planner untuk membantu anda dalam hal budgeting.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *