Tips mendapatkan pelanggan dari sosial media

Tips mendapatkan pelanggan dari sosial media


Di era digital seperti saat ini, sosial media memiliki peran yang sangat vital. Masih ingat betapa tingginya animo masyarakat terhadap gerakan koin untuk Prita? Gerakan tersebut menyebar melalui akun sosial media bukan? Sebagai pebisnis, peluang seperti ini harus Anda manfaatkan untuk memperbesar usaha Anda. Manfaatkan sosial media untuk meningkatkan penjualan Anda. Tapi, bagaimana caranya? Nah, kali ini tim RitzAcademy.com akan berbagi tips mendapatkan pelanggan dari sosial media. Dibaca hingga tuntas ya!

Tips dan trik bisnis
Menggunakan gambar adalah salah satu tips mendapatkan pelanggan dari sosial media

Tips mendapatkan pelanggan dari sosial media adalah dengan melakukan riset. Di beberapa akun sosial media sudah ada fitur pencarian dimana Anda bisa gunakan untuk mencari sebuah kata kunci. Atau Anda juga bisa aplikasi untuk melakukan riset. Misal jika Anda pengguna Twitter, Anda bisa menggunakan TweetDeck. Anda cukup masukkan kata kunci yang hendak Anda cari. Misal Anda menjual aksesoris fashion, risetlah dengan menggunakan beberapa kata kunci, seperti aksesoris, beli aksesoris, beli bros, beli gelang, dll. Jangan lupa di beberapa fitur pencarian, ada yang mengharuskan Anda untuk menggunakan tanda “#” (hastag) untuk mencari kata kunci. Dari ratusan juta pengguna akun sosial media, pasti ada sebagian orang yang sedang mencari produk yang Anda tawarkan. Mereka inilah calon pembeli potensial Anda.

Langkah selanjutnya untuk menarik calon pembeli dari sosial media adalah dengan menggunakan gambar. Ingat pepatah, “sebuah foto bisa mewakili ribuan kata?” Memang benar, gambar terbukti mampu menarik seseorang 2 kali lebih besar daripada sekedar kata-kata. Buatlah gambar yang menarik tentang produk yang Anda tawarkan. Jika Anda menjual kue, sewalah jasa fotografer profesional, buatlah foto kue Anda yang benar-benar akan membuat yang melihat mengeluarkan air liur karena ingin membeli produk Anda.

Tips mendapatkan pelanggan dari sosial media selanjutnya adalah dengan menggelar kompetisi. Jika Anda berbisnis di bidang fashion, misal kaos, buatlah lomba desain kaos unik untuk follower Anda. Lomba ini bisa menarik seseorang yang sebelumnya bukan follower Anda, namun memiliki keahlian desain tertarik untuk ikut, dan mereka bisa jadi calon pembeli potensial Anda. Namun, ada hal yang perlu Anda perhatikan, berikanlah hadiah yang cocok untuk sang pemenang. Jika Anda mengadakan lomba desain kaos, namun hadiahnya iPad, hal tersebut tentu tidak cocok. Anda bisa memberikan hadiah berupa berapa buah kaos yang desainnya terpilih (ini akan membuat sang pemenang bangga karena desainnya bisa digunakan, dan dia bisa memamerkannya ke orang disekelilingnya). Atau Anda juga bisa memberikan hadiah berupa voucher potongan harga untuk pembelian produk kaos Anda.

Langkah selanjutnya adalah bangun kedekatan emosional dengan follower dan jangan promosi terlalu berlebihan. Pernahkah Anda merasa bosan karena terus-terusan mendapatkan penawaran? Jika ya, maka itu juga yang dirasakan calon konsumen Anda. Gunakan motto “sharing-sharing dahulu, baru selling kemudian.” Buat calon pembeli Anda merasa nyaman, jangan bombardier mereka dengan penawaran Anda. Jika Anda di Facebook, sapa mereka, tanyakan kabar mereka, ajak mereka untuk berpartisipasi dalam sebuah posting dengan topik yang ringan. Jika di Twitter, Anda bisa memberikan info-info ringan, joke-joke lucu yang membuat mereka betah. Jika ada yang berulang tahun, jangan ragu untuk memberi ucapan selamat.

Tips mendapatkan pelanggan dari sosial media adalah membuat pelanggan Anda merasa spesial. Alih-alih memberikan sapaan atau penawaran secara umum, lakukan dengan memberikan pesan pribadi. Setiap orang ingin dianggap berbeda, setiap orang ingin dianggap spesial. Dengan memberikan pesan pribadi akan membuat mereka merasa spesial. Meskipun pada kenyataannya Anda memberikan pesan pribadi tidak hanya kepada satu orang, tapi toh mereka tidak tahu. Atau Anda bisa juga membuat program khusus, seperti follower of the month, memilih follower dengan foto paling lucu atau status paling lucu.

Nah, itu tadi beberapa tips mendapatkan pelanggan dari sosial media. Intinya, baik di sosial media ataupun di dunia nyata, perlakukan calon konsumen Anda dengan baik. Layani mereka dengan tulus, ramah, maka yakinlah penjualan Anda akan bisa meningkat dengan pesat. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

Ritz Academy

Ritz Academy adalah event organizer yang fokus pada pendidikan finansial dan bisnis.

Copyright 2019 - Ritz Academy - All Rights Reserved