5 fakta tentang konsumen yang perlu Anda ketahui

5 fakta tentang konsumen yang perlu Anda ketahui


Salah satu faktor penting dalam sebuah bisnis adalah pelanggan atau konsumen. Merekalah yang mengeluarkan uang untuk membeli produk / jasa kita sehingga bisnis kita tetap bertahan. Oleh sebab itu, menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen sangatlah penting bagi setiap pebisnis jika tidak ingin mereka lari. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pelanggan Anda. Nah, disini tim RitzAcademy.com akan menyajikan beberapa fakta tentang konsumen yang perlu Anda ketahui

Konsumen, Pelanggan
Pengusaha wajib tahu fakta tentang konsumen agar bisa memaksimalkan promosinya

Fakta tentang konsumen yang pertama adalah sebuah perusahaan akan kehilangan 50% pelanggannya setiap 5 tahun sekali. Wow, itu tentu jumlah yang sangat besar sekali, bukan? Apalagi, biaya untuk mendapatkan ganti pelanggan yang hilang tersebut jumlahnya bisa 5 – 8 kali lipat lebih besar dari biasanya. Dari fakta ini, mempertahan pelanggan kita saat ini justru akan mampu menghemat pengeluaran kita 500 – 700%. Meskipun demikian, bukan berarti Anda lantas tidak mencari pelanggan baru. Itu tetap diperlukan, tapi porsinya lebih sedikit dibandingkan merawat dan mempertahankan konsumen yang telah ada.

Fakta tentang pelanggan selanjutnya adalah dalam setiap bulan, pengaruh Anda ke konsumen bisa berkurang 10% jika Anda tidak menghubungi konsumen sama sekali. Menjaga komunikasi adalah salah satu poin penting dalam mempertahankan seorang pelanggan. Berkomunikasilah walau itu hanya sekedar basa-basi saja.

Fakta selanjutnya, Anda bisa kehilangan potensi penjualan yang besar karena tidak mencoba melakukan pendekatan pribadi dengan konsumen. Ah, teori dari mana itu? Mungkin saat ini Anda bisa bilang begitu, tapi ijinkan kami bertanya, apakah Anda masih ingat siapa agen property yang baru Anda beli 2 tahun lalu? Jika Anda menjawab tidak ingat, Anda tidak usah bersedih karena 82% pembeli property memang tidak akan mengingatnya. Kenapa ini bisa terjadi? Karena si agen property tersebut tidak berusaha menjalin hubungan personal dengan konsumennya. Bisa saja saat ini konsumen tersebut ingin membeli rumah lagi, tapi karena lupa dengan si agen, akhirnya ia mencari agen lain. Sebuah kerugian, bukan? Hal ini juga berlaku untuk bisnis-bisnis lainnya.

Fakta tentang konsumen yang keempat, Anda bisa meningkatkan bisnis Anda 17% hanya dengan mengucapkan “terima kasih” pada pelanggan Anda. Anda bisa bayangkan 17%, coba Anda kalikan dengan laba Anda. Misal Anda memiliki keuntungan sebulan Rp. 10 juta, maka jika Anda memberikan ucapan “terima kasih” laba Anda bisa berpotensi meningkat menjadi Rp. 11,7 juta. Jadi, masih merasa susah untuk bilang “terima kasih” pada pelanggan Anda?

Fakta tentang pelanggan terakhir, Anda bisa mendapatkan laba 20 – 80% hanya dengan kenaikan loyalitas sebesar 5%. Wow, Anda bisa bayangkan betapa dahsyatnya bisnis Anda jika Anda mampu meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen Anda lebih dari itu? Jawabannya bisnis Anda akan meledak, tak tertandingi.

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang konsumen yang bisa jadi bahan referensi Anda tentang betapa pentingnya mempertahankan pelanggan Anda. Jika Anda belum melakukan beberapa hal diatas, segera lakukan agar Anda tidak kehilangan mereka. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk Anda!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

Ritz Academy

Ritz Academy adalah event organizer yang fokus pada pendidikan finansial dan bisnis.

Copyright 2019 - Ritz Academy - All Rights Reserved