Tips membikin nama bisnis Anda

Membikin nama usaha

Dalam bisnis, kesan pertama adalah hal yang berpengaruh dalam menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Dan kesan pertama yang paling mudah yang bisa Anda tampilkan pada calon konsumen adalah dari nama bisnis Anda. Sayangnya, beberapa pengusaha tidak memperhatikan hal ini sehingga kesannya asal-asalan dalam member nama. Nah, oleh sebab itu, kali ini tim RitzAcademy.com akan berbagi tips dan trik seputar membikin nama bisnis yang bagus untuk usaha Anda. Check it out!

Membikin nama usaha
Dalam membikin nama bisnis tidak boleh sembarangan agar bisnis kita selalu diingat

Ketika membikin nama bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  1. Nama tersebut harus gampang diucapkan dan enak didengar

Usahakan nama usaha yang Anda pilih itu mudah bagi konsumen untuk mengucapkannya dan enak saat didengar. Anda bisa menggunakan tehnik alliterasi, yaitu menggunakan nama yang dimulai dari konsonan yang sama. Contoh perusahaan besar yang menggunakan tehnik ini adalah Coca-Cola. Dengan membuat nama yang mudah diucapkan akan lebih gampang diingat oleh calon konsumen. Hal ini juga akan sangat membantu saat Anda melakukan promosi di media elektronik, seperti radio atau TV.

  1. Nama bisnis harus memiliki makna dan sebisa mungkin menyampaikan keuntungan bagi konsumen

Jangan membuat nama yang arogan yang menonjolkan kalau konsumen membutuhkan Anda. Buatlah nama yang menampilkan tujuan bisnis Anda. Saat konsumen membacanya, mereka sudah mengerti apa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Contoh nama yang bisa Anda gunakan Tax Strategy (tujuannya adalah memberikan pengetahuan bagaimana mengatur strategi perpajakan), Reformasi Hutang (tujuannya adalah memberikan pengetahuan bagaimana mengatasi hutang Anda), dll.

  1. Nama usaha harus bebas dari ambiguitas

Hindari ambiguitas, terutama dalam pelafalan, dalam membikin nama bisnis. Hal ini bisa sangat menganggu dan merugikan bagi Anda. Nama menggunakan bahasa asing memang terdengar keren, namun tidak semua orang bisa melafalkannya.

  1. Hati-hati dalam menggunakan singkatan / inisial

Hati-hati saat menggunakan singkatan atau inisial untuk sebuah nama usaha. Penggunaan inisial dalam nama usaha bisa sangat membosankan. Anda bisa menggunakan inisial ketika perusahaan Anda sudah memiliki nama besar dan dikenal banyak orang, contoh IBM, VW, dll. Hati-hati juga dengan penggunaan singkatan, jangan sampai karena ingin terlihat keren, namun justru menjadi bencana.

  1. Pilih nama unik dan spesifik

Dalam membikin nama bisnis, carilah nama yang unik. Anda bisa juga bisa menggunakan spesifikasi tambahan, misal tanggal lahir, angka keberuntungan, dll. Pemberian nama yang unik akan membuat usaha Anda lebih mudah diingat oleh pelanggan.

  1. Cek nama bisnis Anda di bagian hak paten

Sebelum memutuskan menggunakan nama usaha Anda tersebut, Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah nama tersebut sudah terdaftar apa belum di bagian hak paten. Hal ini untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa nama usaha. Setelah dilakukan pengecekan, jika nama bisnis Anda belum terdaftar, silahkan lakukan pendaftaran.

Nah, itu tadi tips dalam membikin nama bisnis. Anda bisa mencoba tips ini untuk memberikan nama usaha Anda sekarang. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi Anda!

About Roy Shakti
Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution dan Credit Strategy For Investing.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *