Membesarkan UKM dengan digital marketing, ini dia yang harus dilakukan!

Membesarkan UKM dengan digital marketing, ini dia yang harus dilakukan!


Beberapa hari yang lalu Ritz Academy baru saja menggelar event E-Commerce War 2 di Jakarta. Di event bertema E-Commerce vs Digital Marketer tersebut, peserta diajak untuk memilih mana strategi bisnis online yang cocok untuk mereka. Untuk memperkuat informasi yang telah didapatkan, tim RitzAcademy. Com akan berusaha berbagi info seputar bisnis online. Hari ini yang akan dibagikan adalah langkah-langkah dalam membesarkan UKM dengan digital marketing. Apa saja yang perlu Anda persiapkan?

Digital marketing, Bisnis online, UKM
Asal tahu langkahnya, membesarkan UKM dengan digital marketing itu bukan mustahil

Jika Anda ingin membesarkan UKM dengan digital marketing, langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah website Anda. Buatlah website yang berkualitas, jangan asal-asalan. Buat desain web yang menarik bagi pengunjung. Atur tata letak menu di website sedemikian rupa sehingga memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya. Bila perlu buatlah website yang user-friendly, dimana website bisa diakses pengunjung dari gadget apapun, PC / Laptop, Smartphone, Tablet, dll. Selain tampilan, jangan lupakan isi website Anda. Meski tujuan Anda jualan, jangan lupa untuk berbagi informasi dengan pengunjung Anda sehingga mereka merasa mendapatkan hal lebih dari Anda.

Langkah selanjutnya adalah dengan memperbesar traffic ke website Anda. Untuk melakukannya, ada beberapa yang hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Fokus pada keywords yang memberikan pengaruh yang besar. Maksudnya gunakanlah keyword yang biasa digunakan orang yang berhubungan dengan produk Anda. Anda bisa menggunakan google analytic untuk melakukan riset keywords.

Memanfaatkan sosial media adalah satu langkah membesarkan UKM dengan digital marketing. Saat ini hampir semua orang memiliki akun sosial media, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dll. Ini saatnya Anda memanfaatkan teknologi tersebut untuk memperbesar pangsa pasar yang Anda tuju untuk diarahkan ke website. Namun, perlu diingat, setiap sosial media memiliki kharakteristik sendiri-sendiri. Sehingga pendekatan promosi antara satu sosial media dengan yang lain bisa berbeda. Anda bisa menggunakan sosial media untuk riset pasar, uji coba produk, atau hal-hal yang sifatnya awareness and consideration.

Isi website Anda dengan content berkualitas. Memang, tujuan utama Anda adalah berjualan, akan tetapi tidak salahnya Anda memberikan informasi yang berhubungan dengan produk Anda. Misal Anda berjualan sepatu kulit, Anda bisa saja memberikan informasi tentang bagaimana cara membedakan kulit asli dan palsu, atau bagaimana cara merawat sepatu kulit yang benar. Anda juga bisa memberikan informasi yang lebih detail tentang produk Anda, sehingga pengunjung website merasa puas dengan informasi yang didapat.

Jangan takut untuk beriklan. Jer Basuki Mawa Bea, itu adalah pepatah Jawa yang perlu Anda perhatikan, artinya “Untuk Mencapai Kebahagiaan Diperlukan Pengorbanan.” Pepatah ini sangat pas jika diterapkan dalam bisnis, jika Anda ingin usahanya sukses, harus ada yang dikorbankan, salah satunya mengeluarkan uang untuk biaya iklan. Ibaratnya, jika Anda ingin mendapatkan ikan besar, tentu umpan cacing saja tidak cukup. Anda butuh umpan yang lebih besar dan tempat yang pas. Anda bisa mencoba beberapa iklan berbasis online, seperti Google Adwords, FB Ads, Twitter Ads, dll.

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan untuk memperbesar UKM Anda adalah dengan meningkatkan reputasi Anda. Dengan bisnis UKM yang modalnya terbatas dan biaya pemasaran yang minim, maka Anda harus memiliki reputasi yang bagus. Anda bisa melakukannya dengan menyediakan live chat online khusus di website Anda. Dengan fitur tersebut, pengunjung bisa bertanya kepada Anda secara langsung tentang produk, keunggulan, atau pun solusi jika terjadi masalah. Atau Anda bisa juga menyediakan artikel, video, ataupun webinar yang bisa menjawab segala kebutuhan pengunjung website / calon konsumen Anda.

Nah, itu tadi beberapa poin yang perlu Anda perhatikan jika ingin membesarkan UKM dengan digital marketing. Kuncinya adalah mau terus belajar dan membenahi segala kekurangan yang ada sehingga pengunjung merasa puas dengan apa yang Anda berikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

Ritz Academy

Ritz Academy adalah event organizer yang fokus pada pendidikan finansial dan bisnis.

Copyright 2019 - Ritz Academy - All Rights Reserved