Apa saja dasar bisnis startup yang perlu Anda perhatikan?

Dasar bisnis startup

Memulai bisnis baru, atau istilah kerennya bisnis startup itu memang susah-susah gampang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya usaha pemula yang akhirnya harus gulung tikar. Yang sukses mungkin hanya sekitar 20% saja. Bagaimana itu bisa terjadi? Hal itu karena pengusaha tidak paham apa yang harus dilakukan dengan bisnisnya. Nah, berikut ini kami akan berikan dasar bisnis startup untuk menghindarkan Anda dari kegagalan. Check it out!

Bisnis startup
Mengetahui dasar bisnis startup akan membantu Anda mempertahankan dan mengembangkan bisnis Anda

Saat memulai bisnis startup, setidaknya ada beberapa dasar yang perlu Anda cermati, antara lain:

Dasar bisnis startup yang pertama yang harus Anda garis bawahi adalah adanya visi dan misi usaha yang jelas. Ada beberapa keuntungan kenapa kita perlu menetapkan visi dan misi, yaitu:

  • Membantu menentukan tujuan perusahaan yang lebih spesifik
  • Membuat kita lebih fokus dalam mengembangkan dan membesarkan usaha kita
  • Memotivasi kita ketika terjadi masalah dalam bisnis

Dasar selanjutnya adalah keterampilan menjual. Tujuan berbisnis adalah memperoleh penghasilan, dan penghasi lan berbanding lurus dengan penjualan. Jika Anda ingin sukses dalam bisnis, maka Anda harus punya keterampilan menjual. Keterampilan ini harus terus Anda update secara berkesinambungan, karena konsumen Anda pun terus berubah dari waktu ke waktu. Ingat sebuah joke ini, “seseorang yang punya kemampuan menjual akan bisa tetap hidup meski ditempatkan di kutub bumi sekalipun.”

Dasar bisnis startup yang ketiga adalah menjual sesuatu yang banyak calon pembelinya. Anda punya kemampuan menual, tapi jika barang yang dijual minim pembelinya, lama kelamaan bisnis Anda akan kolaps. Menjadi berbeda itu boleh, tapi jangan berseberangan dengan pasar. Untuk permulaan bisnis, juallah produk yang laris. Lho, khan sudah banyak saingannya? Disinilah, Anda dituntut untuk kreatif dan inovatif. 2 hal tersebut juga menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan sebuah bisnis. Pengalaman ini nantinya bisa Anda gunakan untuk pengembangan varian produk jualan Anda ke depannya ketika bisnis Anda sudah mapan.

Dasar bisnis permulaan yang terakhir adalah jangan membicarakan keuntungan terlebih dahulu, tapi bagaimana menciptakan cash flow terlebih dahulu. Berbicara tentang keuntungan itu wajar, karena itu tujuan Anda berbisnis. Akan tetapi, yang lebih penting adalah mengatur cash flow terlebih dahulu. Jangan sampai Anda terjebak ilusi, merasa bisnis Anda untung, tapi ketika cash flow dicek, Anda justru buntung. 1 – 6 bulan pertama biasanya jadi momen yang sangat riskan pada sebuah bisnis startup. Dalam kurun waktu tersebut, Anda sudah harus bisa menciptakan cash flow yang seimbang. Baru setelah itu, Anda bisa bicarakan tentang keuntungan.

Nah, itu dia dasar bisnis startup yang perlu Anda pahami. Dengan mengetahui dasarnya, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan dan menjaga bisnis Anda. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi bisnis Anda ke depan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *