Menanggapi komplain konsumen, ini dia yang harus Anda lakukan!

Menanggapi keluhan pelanggan

Sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis, terkadang kita tidak bisa memuaskan semua pembeli produk / jasa kita. Terkadang ada sekian persen pelanggan yang mengajukan komplain. Namun, sebagai pebisnis yang baik, janganlah komplain tersebut dianggap sebagai sisi negative. Ambil sisi positifnya, konsumen perhatian dengan produk Anda, dan berusaha memberikan feedback agar kualitas Anda bisa meningkat. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk menanggapi komplain konsumen? Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika ada komplain yang telah dirangkum tim RitzAcademy.com. Cekidot!

Menanggapi keluhan pelanggan
Menanggapi komplain konsumen dengan baik dan benar bisa mempertahankan bisnis Anda

Merespon dengan cepat adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menanggapi komplain konsumen. Jangan pernah abaikan komplain, meskipun itu hanya berasal dari 1 orang, karena Anda tidak tahu akibatnya ke depan. Mungkin ketika era internet belum ada, Anda masih bisa melakukannya. Namun, di era internet seperti sekarang, 1 kesalahan kecil saja, akan membuat Anda kehilangan ratusan bahkan ribuan calon pelanggan baru. Jadi, segera respon jika mendapatkan keluhan.

Ketika mendapatkan keluhan, terima dan akui kesalahan Anda. Ketika ada komplain, dan ternyata Anda memang salah, lebih baik Anda mengakui kesalahan tersebut. Konsumen jauh lebih senang dengan perusahaan dengan yang mengakui kesalahannya. Jika Anda benarpun, jangan agresif dan menyerang pelanggan yang komplain. Lakukan pendekatan secara simpel dan profesional, dan beri pengertian dimana letak kesalahan mereka.

Langkah ketiga dalam menanggapi komplain konsumen adalah meminta maaf dengan tulus. Mintalah maaf dan berjanji untuk mengulangi kesalahan yang sama, lakukan itu saja, titik. Jangan memperpanjang perdebatan yang tidak perlu, sehingga menimbulkan kesan kalau Anda tidak tulus dalam meminta maaf. Kesalahan ini yang sering dilakukan oleh pengusaha, mereka meminta maaf tapi masih terus berusaha melakukan pembelaan diri. Bukannya simpati yang didapat, pelanggan justru merasa sebaliknya.

Memperkecil skala adalah langkah selanjutnya ketika menanggapi keluhan. Jangan membahas komplain di ruang publik karena itu bisa berpengaruh buruk terhadap bisnis Anda. Di era sosial media seperti ini, Anda bisa melakukannya secara personal (via email, inbox FB, DM Twitter, dll).

Nah, itu beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika menanggapi komplain konsumen. Anda harus paham, bahwa konsumenlah sumber penghasilan bisnis Anda, perlakukan mereka dengan baik. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *