Kenalan Dulu Dengan BI Checking Sebelum Apply Kartu Kredit

Kenalan Dulu Dengan BI Checking Sebelum Apply Kartu Kredit

Sebelum mengajukan pinjaman, setiap calon peminjam di bank selalu di cek status BI Checkingnya. Maksudnya apa ya? Nggak sedikit loh calon peminjam (debitur) yang kecewa karena pengajuan kredit ditolak bank. Salah satu alasannya adalah BI Checking dari bank tersebut tidak memenuhi kriteria.

Sebelum berjalan lebih jauh, saya yakin beberapa dari anda sekalian ada yang masih belum paham dengan BI checking. Apa sih BI checking itu? Anda yang punya kartu kredit atau masih berencana bikin kartu kredit harus paham BI checking dan gimana cara menjaga status BI checking jadi sebaik mungkin. Sebab, BI checking yang buruk bakal membuat bank nggak percaya dengan anda.

BI Checking Itu Apa ya?

BI checking sendiri adalah informasi individual debitur yang dilihat dari historis penggunaan keuangan tiap-tiap nasabah. Dalam BI Checking, akan terlihat bagaimana status lancar atau tidaknya proses transaksi seorang nasabah. Data ini sudah masuk dalam sistem sehingga ketika status BI Checking anda buruk, maka secara otomatis pengajuan kartu kredit anda bakal tertolak.

Bagaimana Cara Biar Status BI Checking Kita Bersih?

Saking pentingnya status BI checking anda, rasanya anda perlu buat menjaga kondisinya biar makin baik. Anda perlu mematuhi beberapa hal berikut ini agar BI checking anda senantiasa terjaga:

    1. Biasakan Bayar Secara Penuh

      Membiasakan diri untuk melunasi tagihan tiap bulan akan membantu status BI checking kamu bersih. Membayar tagihan secara minimum cuma membuat sisa-sisa tagihan muncul (outstanding balance).

    2. Jangan Membayar Melewati Batas Jatuh Tempo

      Tiap bank penerbit biasanya punya tanggal jatuh tempo masing-masing, Maksimal 15 hari sebelum tanggal jatuh tempo, Lunasi pembayaran agar kartu kamu tak terhitung menunggak. Jangan salah, meski nama kamu terdaftar blacklist oleh suatu bank, bank lain akan tahu status histori kredit anda.

    3. Begini Maksud Skor BI Checking

      Dalam menilai histori kredit nasabah, bank akan mengklasifikasikan status kredit dalam beberapa skor. Perhatikan arti masing-masing skor berikut ini agar anda tahu maksudnya:

      Skor 1: Kredit lancar

      Skor 2: Mutasi kredit tidak lancar selama 1-2 bulan

      Skor 3: Mutasi kredit tidak lancar selama 3-6 bulan

      Skor 4: Kredit diragukan bank/ Debitur tidak segera menyelesaikan pembayaran

      Skor 5: Kredit macet. Debitur yang berusaha mengaktifkan kredit akan selalu tertolak.

Nah, anda di skor BI Checking yang mana? Jangan sampai anda mendapat skor BI checking 5 ya. Jika anda sudah di tahap ini, aplikasi kredit anda akan terus-terusan ditolak. Mumpung belum terlambat, jaga status BI checking anda dengan baik.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

About Roy Shakti

Roy Shakti dikenal sebagai Pakar Kartu Kredit dan Penulis Buku Best Seller Credit Card Revolution, New Credit Card Revolution, Credit Strategy For Investing dan Credit Card Revolution For Newbie.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *